Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adalah sebuah sarana pengukur kemahiran berbahasa Indonesia yang diciptakan oleh Pusat Bahasa yang sekarang bernama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa). Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bertujuan untuk mengukur tingkat kemahiran berbahasa perserta uji berdasarkan soal dan menetapkan dalam sebuah skala. UKBI memiliki fungsi yang amat strategis, tak hanya untuk meningkatkan kualitas bahasa Indonesia serta penggunaan dan pengajarannya, tetapi juga untuk memupuk sikap positif dan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap bahasanya.Dengan instrumen ini, setiap orang atau instansi diharapkan dapat memperoleh informasi yang akurat tentang profil kemahiran berbahasa Indonesia seseorang (Pusat Bahasa, 2003).

Instrumen itu telah dikukuhkan oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan Surat Keputusan Mendiknas No. 152/U/2003. Di samping itu, UKBI telah terdaftar dan mendapat pengakuan dari Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia tanggal 8 Januari 2004 dengan Hak Cipta Nomor 023993 dan 023994. Dengan diluncurkannya UKBI oleh Menteri Pendidikan Nasional pada tanggal 13 Juli 2006, UKBI menjadi sebuah tes resmi yang digunakan di kalangan masyarakat.

Pengujian UKBI dilaksanakan di Pusat Bahasa, Balai/Kantor Bahasa, atau di tempat lain, baik di dalam maupun di luar negeri, yang layak sebagai tempat uji. UKBI dapat ditempuh dengan dua cara, yaitu UKBI berbasis kertas dan pensil atau UKBI berbasis komputeryang lebih dikenal dengan UKBI dalam jaringan (UKBI Daring) atau UKBI On-line.

Sehubungan dengan hal itu, Balai Bahasa sebagai Unit Pelaksana Teknis Badan Bahasa yang ada di daerah, melalui Tim UKBI-nya, wajib mendukung misi Badan Bahasa sebagai atasan langsung. Tim UKBI Balai Bahasa Provinsi Bali telah mengadakan sosialisasi dan pengujian UKBI bagi siswa SMK/SMA, mahasiswa, guru, masyarakat umum, dan orang asing yang membutuhkan.

Tujuan kegiatan sosialisasi dan pengujian UKBI adalah memperkenalkan UKBI sebagai sarana uji kemahiran berbahasa Indonesia, terutama di kalangan pendidikan di Bali dan memperoleh gambaran tingkat kemahiran peserta uji, khususnya di Bali. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi Tim UKBI Balai Bahasa Provinsi Bali.

 

 

FacebookTwitterGoogle+LinkedInPrintShare