Gianyar–SMP Negeri 1 Sukawati menjadi salah satu sekolah tempat penyelenggaraan Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI) yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Bali dan Paguyuban Duta Bahasa Provinsi Bali. Sama seperti kegiatan yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Sukawati sebelumnya, kegiatan kali ini juga dikemas dengan menghadirkan para siswa sebagai peserta. Selain siswa, para guru juga hadir mendampingi para siswa untuk menjadi peserta. Kegiatan yang diselenggarakan pada 21 Oktober ini dibuka langsung oleh Kepala Balai Bahasa Bali, Drs. I Wayan Tama, M.Hum.

WhatsApp Image 2017-12-06 at 10.22.02 AMKepala Balai dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran siswa sebagai generasi penerus yang harus mempertahankan keberadaan bahasa Indonesia serta tetap melestarikan bahasa daerah dan tidak lupa untuk mempelajari bahasa asing.

Selain Kepala Balai Bahasa Bali, acara pembukaan juga dihadiri oleh Kepala SMP Negeri 1 Sukawati, Drs. I Komang Jati, S.Pd., M.M. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah, mengapresiasi adanya Gerakan Cinta Bahasa Indonesia ini. “Pendahulu kita sudah berjuang dengan keras hingga menghasilkan Sumpah Pemuda,” ujarnya, “Anak-anak sebagai generasi penerus harus mampu melanjutkan perjuangan tersebut dengan menjaga bahasa Indonesia,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan deklarasi cinta bahasa Indonesia yang diawali oleh Kepala Sekolah, Kepala Balai Bahasa Bali, para guru, dan diikuti oleh seluruh peserta di akhir acara.

GCBI kali ini menghadirkan pemateri dari Duta Bahasa, yaitu dr. Putu Gita Indraswari, yang membawakan materi mengenai pemuda dan bahasa. Dalam paparannya Gita menyampaikan bahwa pemuda dan bahasa jelas dua hal yang tidak bisa dipisahkan, sejarah pernah mencatat betapa kuat hubungan antara pemuda dan bahasa, yaitu dengan dikumandangkannya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Pemuda saat ini diharapkan dapat meneruskan perjuangan generasi muda di masa lampau. Gita juga memaparkan mengenai penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa asing di Indonesia, utamanya ruang publik.

Selain Gita, juga hadir Ni Nyoman Clara Listyadewi, S.IP. sebagai pemateri. Clara menceritakan pengalamannya selama pemilihan Duta Bahasa hingga menjadi Duta Bahasa Nasional pada tahun 2016. Selain itu, Clara juga mengajak seluruh peserta untuk mencintai bahasa Indonesia, serta dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Materi terakhir diberikan oleh I Gede Darmadi. Materi yang dibawakan meliputi fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia, pengenalan terhadap Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009, tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, dan pengenalan padanan kata bahasa asing yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Darmadi menyampaikan bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional memiliki fungsi sebagai identitas nasional, kebanggaan bangsa, alat komunikasi, dan sebagai pemersatu bangsa yang berbeda suku, agama, ras, adat istiadat dan budaya. Sedangkan sebagai bahasa negara, Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa resmi kenegaraan, alat pengantar dalam dunia pendidikan, pengembangan kebudayaan nasional, ilmu dan teknologi, dan lain-lain.

Di akhir acara juga diadakan tanya jawab dengan para peserta dan membagikan buku kepada peserta yang aktif.

(Adm)

 

Balai Bahasa Provinsi BaliBerita
Gianyar--SMP Negeri 1 Sukawati menjadi salah satu sekolah tempat penyelenggaraan Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI) yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Bali dan Paguyuban Duta Bahasa Provinsi Bali. Sama seperti kegiatan yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Sukawati sebelumnya, kegiatan kali ini juga dikemas dengan menghadirkan para siswa sebagai peserta....
FacebookTwitterGoogle+LinkedInPrintShare