Denpasar–Menindaklanjuti kegiatan lokakarya yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Bali di Hotel Nikki, Denpasar pada (9/10) lalu, Balai Bahasa Bali menyelenggarakan kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun. Kegiatan ini diselenggarakan sebanyak dua kali, yaitu pada 25 November di Hotel Inna Sanur dan pada 5 Desember di Hotel Puri Dalem, Denpasar. Diskusi pertama diikuti oleh perwakilan dari tiga hotel yang akan dijadikan percontohan kawasan wisata yang ramah bahasa, yaitu Hotel Sanur Paradise, Hotel Inna Shindu, dan Hotel Puri Dalem, di samping beberapa perwakilan dari hotel lainnya yang ada di kawasan Sanur. Sementara itu, pada diskusi kedua, selain diikuti oleh perwakilan dari tiga hotel percontohan tersebut, diskusi juga dihadiri oleh pemangku kepentingan di wilayah Sanur dan Kota Denpasar, seperti Dinas Tenaga Kerja Kota Denpasar, Dinas Pariwisata Daerah kota Denpasar, Dinas Perizinan Kota Denpasar, Asosiasi Hotel di Bali, Keluarahan Sanur, Yayasan Pembangunan Sanur, PHRI Bali, Desa Sanur Kauh, Desa Sanur Kaja, dan lainnya.

Pada diskusi pertama pembahasan lebih pada situasi kebahasaan pada tiga hotel yang dijadikan sampel pengamatan. Dari sampel tersebut diketahui bahwa masih banyak pemakaian bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, seperti pada video. Hal ini menjadi pemantik diskusi mengenai bagaimana strategi kita supaya posisi bahasa Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan bahasa Inggris.

FGD SanurHasil diskusi pertama menjadi materi yang akan dibahas pada diskusi kedua. Secara umum diskusi kedua menghasilkan kesepakatan bahwa seluruh perserta diskusi mendukung program Balai Bahasa Bali untuk menjadikan Sanur sebagai Kawasan Wisata yang Ramah Bahasa. Balai Bahasa sebagai salah satu perwakilan pihak pemerintah akan menjalin kerja sama dengan semua pihak untuk lebih memartabatkan bahasa Indonesia. Ke depannya kegiatan ini tidak hanya menyangkut hotel, tetapi semua pihak yang ada di kawasan Sanur. (Adm)

 

Balai Bahasa Provinsi BaliBerita
Denpasar--Menindaklanjuti kegiatan lokakarya yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Bali di Hotel Nikki, Denpasar pada (9/10) lalu, Balai Bahasa Bali menyelenggarakan kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun. Kegiatan ini diselenggarakan sebanyak dua kali, yaitu pada 25 November di Hotel Inna Sanur dan pada 5 Desember di Hotel Puri Dalem, Denpasar. Diskusi pertama...
FacebookTwitterGoogle+LinkedInPrintShare