Brosur BIPA1_kecilMinat untuk mempelajari   bahasa Indonesia, baik untuk keperluan praktis maupun akademis, di kalangan penutur asing terus berkembang. Banyak penutur asing yang mempelajari bahasa Indonesia tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri. Akhir-akhir ini bermunculan kursus-kursus bahasa Indonesia bagi penutur asing di Tanah Air, termasuk di Provinsi Bali.

Perkembangan ini membangkitkan semangat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, lembaga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertugas untuk menangani masalah kebahasaan di Indonesia, untuk terus mengembangkan penyelenggaraan BIPA. Balai Bahasa Provinsi Bali, sebagai unit pelaksana teknis Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk wilayah Bali, juga membentuk tim guna memfasilitasi penyelenggaraan BIPA, membangun pusat informasi tentang ke-BIPA-an, menyusun buku ajar, dan membuat bahan ajar penunjang berupa cerita rakyat yang mengungkap adat dan budaya Bali dalam tiga bahasa yaitu, bahasa Bali, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

BIPA

Selain menyusun bahan ajar, tim BIPA Balai Bahasa Provinsi Bali juga menyelenggarakan program Rumah BIPA. Program ini adalah sebuah program belajar bahasa Indonesia singkat bagi wisatawan mancanegara. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Bahasa Provinsi Bali atau di tempat pelajar. Wisatawan yang berminat dapat membentuk kelompok yang terdiri atas 5 orang atau lebih, selanjutnya menghubungi Tim BIPA Balai Bahasa Provinsi Bali. Pengajar dari Balai Bahasa Provinsi Bali kemudian akan mendatangi pelajar. Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Tim BIPA Balai Bahasa Provinsi Bali, Jalan Trengguli I no. 34 Denpasar, telp. (0361) 461714 atau 081353099974 (Ayu).

 

FacebookTwitterGoogle+LinkedInPrintShare